makhluk ciptaan ALLAH SWT yang selalu berusaha untuk menjadi hambaNya yang selalu bersyukur. gadis kecilnya ayah ibu yang selalu berusaha untuk membahagiakan kedua orang tua, mas dan adikadiknya. mahasiswi tingkat akhir yang sedang berusaha untuk bisa lulus tepat waktu dan melakukan yang terbaik.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by nurendahsari - - 1 comments

Awalnya sih ga tau apa-apa tentang MATLAB, sampai akhirnya di kampus ada yang namanya penulisan ilmiah, dan tertarik untuk nyoba yang namanya MATLAB. Disini coba diulas sedikit deh tentang MATLAB itu. Tulisan yang disajikan disini diambil dari berbagai sumber buku-buku. Silahkan disimak.


MATLAB adalah sebuah bahasa high-performance untuk komputasi teknis. MATLAB merupakan singkatan dari MATrix LABoratory yang dikembangkan oleh The Mathwork. Inc. MATLAB mengintegrasikan perhitungan, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu lingkungan yang mudah digunakan. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan di berbagai bidang terutama dalam bidang sains, diantaranya matematika dan komputasi, pengembangan algoritma, analisis data, visualisasi dan eksplorasi, grafik untuk sains dan teknik, serta pengembangan aplikasi, termasuk pembuatan antarmuka grafis untuk pengguna (Graphical User Interface).


Pada awalnya, MATLAB dibuat untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak berbasis matriks oleh proyek LINPACK dan EISPACK. MATLAB telah digunakan bertahun-tahun dengan banyak pengguna. Di lingkungan universitas, MATLAB telah menjadi salah satu alat bantu untuk pengajaran tingkat dasar dan tingkat lanjut yang berhubungan dengan matematika, rekayasa dan sains. Di lingkungan industri, MATLAB merupakan alat bantu untuk penelitian produktifitas, pengembangan dan analisis. Ringkasnya, MATLAB secara khusus dirancang untuk bekerja dengan sekumpulan data tertentu sebagai vektor, matriks dan gambar.


Sistem MATLAB


Sistem MATLAB terdiri dari lima bagian utama yaitu:


  1. Bahasa (pemrograman) MATLAB

    Bagian ini adalah bahasa (pemrograman) tingkat tinggi yang menggunakan matriks/array dengan pernyataan aliran kendali program, struktur data, masukan/keluaran, dan fitur-fitur pemrogramman berorientasi objek.


  2. Lingkungan kerja MATLAB

    Bagian ini adalah sekumpulan tools dan fasilitas MATLAB yang digunakan oleh pengguna atau pemrogram. Fasilitas yang dimaksudkan misalnya untuk mengelola variable didalam ruang kerja (workspace)dan melakukan impor dan ekspor data. Sedangkan tools yang disediakan adalah untuk pengembangan, pengelolaan, proses ‘debugging’, dan pembuatan profil M-files untuk aplikasi MATLAB.


  3. Penanganan Grafik

    Bagian ini dalah sistem grafik MATLAB, termasuk perintah-perintah (program) tingkat tinggi untuk visualisasi data dimensi-2 dan dimensi-3, pengolahan citra, animasi, dan presentasi grafik. Selain itu, bagian ini juga termasuk perintah-perintah (program) tingkat rendah untuk menetapkan sendiri tampilan grafik seperti halnya membuat antarmuka pengguna grafis untuk aplikasi-aplikasi MATLAB.


  4. Pustaka (library) fungsi matematis MATLAB

    Bagian ini adalah koleksi algoritma komputasi mulai dari fungsi dasar seperti menjumlahkan (sum), menentukan nilai sinus (sine), kosinus (cosine), dan aritmatika bilangan kompleks; fungsi-fungsi seperti invers matriks, nilai eigen matriks, fungsi Bessel dan FFT (Fast Fourier Transform).


  5. API (Aplication Program Interface) MATLAB

    Bagian ini adalah pustaka (library) untuk menuliskan program dalam bahasa C dan fortran yang berinteraksi dengan MATLAB termasuk fasilitas untuk memanggil rutin program dengan MATLAB (dynamic linking), memanggil MATLAB sebagai mesin komputasi (Computational Engine), dan untuk pembacaan serta penulisan M-files.



One Response so far.

  1. ferdy says:

    bisa ngasih tahu buat gui untuk pengolahan sinyal??
    contohnya sinyal Penguat transistor

    nich q gi ujian ....balas di ferdy.frezee@gmail.com

Leave a Reply