Tahap pertama:
Membuat semua grafik yang akan digunakan. Yang terpenting adalah membuat movie clip. Karakter yang digunakan dalam game cake mania yaitu:
· Karakter utama (yang melayani customer)
· Karakter customer
· Kue
· Oven
· Kotak untuk memilih warna
· Balon permintaan
Aturan membuat:
1. Buat movie clip balon permintaan yang terdiri dari 4 frame terlebih dahulu.
2. Buat movie clip customer. Selanjutnya di dalam movie clip customer masukkan movie clip balon yang telah kita buat sebelumnya. Kemudian Instance nama movie clip tersebut dengan nama “permintaan”.
3. Setelah movie clip customer selesai, selanjutnya membuat movie clip kue. Buat menjadi 4 frame lalu berikan warna sesuai dengan yang ada pada balon permintaan.
4. Setelah membuat sebagian karakterpendukung, sekarang buat movie clip untuk karakter utama. Kemudian masukkan movei clip kue yang telah kita buat sebelumnya.
5. Selanjutnya berikan nama pada movie clip karakter tadi dengan Instance name: anim kue.
6. Buat movie clip untuk pendukung property permainan yaitu movie clip warna, movie clip oven, movie clip uang dan movie clip meja. Bisa juga ditambahkan dengan grafik untuk lantai, kursi, dan lain sebagainya.
Tahap Kedua:
Menyusun semua grafik dan movie clip yang telah dibuat sebelumnya. Susun semuanya seperti yang kita inginkan. Untuk memilih warna kuenya, gunakan movie clip “warna” yang telah dibuat. Atur "tint"nya. Yang paling atas putih, di tengah merah, di bawah kuning. Selanjutnya buat Dinamic Text yang dikasi variabel di propertiesnya dengan : _root.score
Tahap Ketiga:
Tahap ini merupakan tahap pembuatan action script.
· Pertama, pada frame 1 di layar utama ketik action: score=1
· Kedua pada Movie Clip Customer yang paling bawah (customer1) kasi action:
Code:
Membuat semua grafik yang akan digunakan. Yang terpenting adalah membuat movie clip. Karakter yang digunakan dalam game cake mania yaitu:
· Karakter utama (yang melayani customer)
· Karakter customer
· Kue
· Oven
· Kotak untuk memilih warna
· Balon permintaan
Aturan membuat:
1. Buat movie clip balon permintaan yang terdiri dari 4 frame terlebih dahulu.
2. Buat movie clip customer. Selanjutnya di dalam movie clip customer masukkan movie clip balon yang telah kita buat sebelumnya. Kemudian Instance nama movie clip tersebut dengan nama “permintaan”.
3. Setelah movie clip customer selesai, selanjutnya membuat movie clip kue. Buat menjadi 4 frame lalu berikan warna sesuai dengan yang ada pada balon permintaan.
4. Setelah membuat sebagian karakterpendukung, sekarang buat movie clip untuk karakter utama. Kemudian masukkan movei clip kue yang telah kita buat sebelumnya.
5. Selanjutnya berikan nama pada movie clip karakter tadi dengan Instance name: anim kue.
6. Buat movie clip untuk pendukung property permainan yaitu movie clip warna, movie clip oven, movie clip uang dan movie clip meja. Bisa juga ditambahkan dengan grafik untuk lantai, kursi, dan lain sebagainya.
Tahap Kedua:
Menyusun semua grafik dan movie clip yang telah dibuat sebelumnya. Susun semuanya seperti yang kita inginkan. Untuk memilih warna kuenya, gunakan movie clip “warna” yang telah dibuat. Atur "tint"nya. Yang paling atas putih, di tengah merah, di bawah kuning. Selanjutnya buat Dinamic Text yang dikasi variabel di propertiesnya dengan : _root.score
Tahap Ketiga:
Tahap ini merupakan tahap pembuatan action script.
· Pertama, pada frame 1 di layar utama ketik action: score=1
· Kedua pada Movie Clip Customer yang paling bawah (customer1) kasi action:
Code:
onClipEvent (load) {
_root.uang_1._visible = 0; // Movie Clip Uang Invisible
this.permintaan._visible = 0; //balon permintaan invisible
permintaannya = 0;
}
onClipEvent (enterFrame) {
//script kostumer masuk:
if (random(50) == 2 and permintaannya == 0) { //Ketika random(50) ada pada angka 2 maka,
this._x = 0; //posisi kostumer, pada saat ini kostumer masuk ke dalam toko
}
}
on (press) {
if (permintaannya == 0) { // kalo permintaannya =0 maka,
_root.char._x = _root.meja._x+80; //character utama akan dateng ke kostumer
_root.char._y = this._y+80; //character utama akan dateng ke kostumer
this.permintaan.gotoAndStop(random(3)+Number(2)); //balon permintaan random
this.permintaan._visible = 1; //balon permintaan terlihat.
permintaannya = 1;
} else if (permintaannya == 1 and _root.char.animkue._currentframe == this.permintaan._currentframe and _root.char.animkue._visible == 1) { //kalo permintaan udah terpenuhi maka,
this._x = -500; //kustomer keluar toko
_root.char._x = _root.meja._x+80; //karakter dateng ke meja kustomer
_root.char._y = this._y+80;
_root.char.animkue._visible = 0; //kuenya dikasiin ke kustomer
this.permintaan._visible = 0; //permintaan kembali 0
_root.uang_1._visible = 1; //kustomer ngasi uang di meja
}
}
Bikin juga script ini pada customer 2, sama customer 3. Ganti pada "_root.uang_1._visible" jadi "_root.uang_2._visible" dan "_root.uang_3._visible".
• Ketiga: buat Movie Clip "char" bikin actionnya:
Code:
onClipEvent (load) {
this.animkue._visible = 0; //kuenya ga keliatan pada saat di load
}
· Ke empat pada Movie Clip alat bikin kuenya :
Code:
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin
_root.char._y = this._y+50;
_root.kue._visible = 1; // Movie clip kue jadi...
}
• Kelima pada movie clip "kue":
Code:
onClipEvent (load) {
this._visible = 0;
depth = 0;
}
on (press) {
_root.char._x = this._x; // character ngedatengin kue yang udah jadi
_root.char._y = this._y+50;
this._visible = 0; //ketika di klik kuenya dibawa char
_root.char.animkue.gotoAndStop(1); //kue kembali ke awal bentuknya
_root.char.animkue._visible = 1; //animasi si character bawa2 kue.
}
Pada pilihan warna putih diisi:
Code:
on (press) {
if (_root.char.animkue._visible == 1) {
_root.char.animkue.gotoAndStop("putih");
_root.char._x = this._x-100;;
_root.char._y = this._y;
}
}
• Ketujuh pada movie clip "uang_1" isikan:
Code:
on (press) {
this._visible = 0;
_root.score += 100;
_root.customer1.permintaannya = 0;
}
Sama halnya ditulis juga pada Movie Clip "uang_2" dan "uang_3" bedanya ya pada script:
_root.customer1.permintaannya = 0; ganti jadi _root.customer2.permintaannya = 0; dan _root.custo
http://godofvaganzagameware.blogspot.com/2009/05/gw-yang-masi-baru-bgt-dan-masih-cupu.html